Apa Yang Alkitab Katakan Tentang Kurban Bakaran?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Apa Yang Alkitab Katakan Tentang Kurban Bakaran?

Claudia Jessica Official Writer
1801

Ada lebih dari ratusan ayat Alkitab tentang kurban bakaran, tetapi hanya tiga yang ada di Perjanjian Baru. Mengapa demikian?

Banyak orang mungkin mempertanyakan apa pentingnya kurban bakaran yang ditulis oleh Alkitab. Beberapa orang lainnya mungkin tidak pernah memikirkannya sama sekali. Apa arti penting dari kurban bakaran?

Tahukah Anda, kurban bakaran adalah Yesus. Yesus adalah kurban bakaran untuk dosa-dosa kita. Kita tidak lagi mempersembahkan kurban bakaran karena Yesus adalah kurban bakaran kita.

Yesus menanggung derita karena Dia menanggung hukuman atas dosa-dosa kita. hukuman dosa adalah maut dan neraka. Kematian jasmani dan kematian rohani di neraka dimasukkan sebagai hukuman atas dosa.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan ayat Alkitab tentang kurban bakaran yang tertulis di Alkitab:

#1 Kejadian 8:20

Lalu Nuh mendirikan mezbah bagi TUHAN; dari segala binatang yang tidak haram dan dari segala burung yang tidak haram diambilnyalah beberapa ekor, lalu ia mempersembahkan kurban bakaran di atas mezbah itu.

 

BACA JUGA: Apa Itu Kurban? Begini Menurut Pandangan Alkitab\

 

#2 Kejadian 22:2-3

Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai kurban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk kurban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

#3 Yesaya 1:11

"Untuk apa itu kurbanmu yang banyak-banyak? firman TUHAN; "Aku sudah jemu akan kurban-kurban bakaran berupa domba jantan dan akan lemak dari anak lembu gemukan; darah lembu jantan dan domba-domba dan kambing jantan tidak Kusukai.

#4 Yesaya 56: 7

Mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada kurban-kurban bakaran dan kurban-kurban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.

#5 Yeremia 7:21

Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: “Tambah sajalah kurban bakaranmu kepada kurban sembelihanmu dan nikmatilah dagingnya!”

#6 Yeremia 17:26

Orang akan datang dari kota-kota Yehuda dan dari tempat-tempat sekitar Yerusalem, dari tanah Benyamin dan dari Daerah Bukit, dari pegunungan dan dari tanah Negeb, dengan membawa kurban bakaran, kurban sembelihan, kurban sajian dan kemenyan, membawa kurban syukur ke dalam rumah TUHAN.

 

BACA JUGA: Apa yang Membedakan Makna Pengorbanan bagi Umat Yahudi, Kristen, dan Katolik?

 

#7 Yehezkiel 45:25

Pada bulan ketujuh, pada tanggal lima belas bulan itu, yaitu pada hari raya, ia harus mengolah seperti ini selama tujuh hari: kurban penghapus dosa, kurban bakaran, kurban sajian dan minyak.

#8 Yehezkiel 46:4

Kurban bakaran yang harus dipersembahkan raja itu kepada TUHAN pada hari Sabat ialah enam ekor domba yang tidak bercela dan seekor domba jantan yang tidak bercela.

#9 Yehezkiel 46:13

Tiap hari ia harus mengolah domba yang berumur satu tahun dan yang tiada bercela sebagai kurban bakaran bagi TUHAN; setiap pagi ia harus melakukan itu.

#10 Mikha 6:6

"Dengan apakah aku akan pergi menghadap TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan kurban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun?

#11 Markus 12:33

“Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua kurban bakaran dan kurban sembelihan.”

#12 Ibrani 10:6

Kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa Engkau tidak berkenan.

Masih ada lebih banyak lagi Firman Tuhan yang berbicara tentang kurban bakaran. Ketika Anda membaca semua Firman Tuhan tentang kurban bakaran, Anda akan mulai melihat bahwa Yesus Kristus menjadi kurban bakaran untuk dosa-dosa kita.

Artinya, Yesus telah menjadi persembahan yang dipersembahkan sepenuhnya kepada Tuhan, sehingga kita memiliki akses untuk beribadah kepada-Nya. Dan ketika kita datang kepada Tuhan, kita diharapkan membawa persembahan yang sungguh-sungguh dan menggembirakan hati-Nya, sehingga kita dapat hidup yang berkenan di hadapan Tuhan.

Anda dapat diselamatkan sekarang juga dengan percaya kepada Yesus Kristus dan menaruh semua kepercayaan Anda hanya kepada Yesus Kristus.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami